Subscribe:

Labels

Minggu, 29 Januari 2012

TORMAX satria baru di 135- 50cc

Pesona pasar bebek sport di atas 135cc kini tidak lagi didominasi oleh Suzuki Satria F150 dan Yamaha New Jupiter MX. Pasalnya Senin (16/5), TVS pabrikan motor asal India merilis TVS Tormax 150 di Jakarta. Menyiasati brand value dan layanan purna jual yang belum sekuat dua pabrikan Jepang di atas, TVS Tormax 150 disebut hadir dengan sejumlah kelebihan lebih khususnya pada harga dan keunggulan spesifikasi serta fitur.

“Nilai tambah yang kami tawarkan melalui Tormax adalah harga yang kompetitif, fitur lebih lengkap, teknologi dan tentu saja penampilan. Ini strategi yang harus kami lakukan sebagai pendatang baru di kelas bebek sport,” jelas Darmadi Tjuatja, Chief Operating Officer PT TVS Motor Company Indonesia yang menargetkan bisa menjual 1.000 unit model ini  ini per bulan (Sumber: Otomotif.Kompas.com)

Secara data performa yang dirilis ketiga pabrikan di atas, TVS Tormax memang berada di atas kedua rivalnya. Mesin TVS Tormax yang berkapasitas 148,75cc mampu meletupkan output tenaga hingga 13-hp/8.000 rpm dan torsi 12,5 Nm/5.500 rpm. Ini artinya dengan kapasitas volume silinder mesin terbesar di kelasnya, TVS Tormax 150 juga memiliki output tenaga dan torsi lebih tinggi dari kedua rival Jepang-nya tersebut. Apiknya lagi didapatkan di putaran mesin yang lebih rendah. Artinya untuk keadaan “Stop and Go” di kemacetan atau akselerasi di jalan bebas hambatan, TVS Tormax 150 dengan sistem transmisi 5-kecepatan ini mampu mengungguli responsivitas dari kedua rivalnya tersebut. 

Ketahanan mesin TVS Tormax juga kabarnya telah melewati serangkaian ujian ketahanan, termasuk di sirkuit Sentul selama 70 jam pada awal Mei 2011 dimana mesin dihidupkan non-stop dengan catatan lap 1.463 lap atau mencapai 5.800 km. Catatan ini disebut membuahkan rekor MURI untuk TVS Tormax. Dalam rangkaian pengetesan tersebut, performa TVS Tormax juga disebut mampu menembus kecepatan 131 km/jam, dengan lap time terbaik 2 menit 22,143 detik.

Tidak hanya piawai di performa, TVS Tormax juga disebut cukup efisien dalam mengkomsumsi BBM yakni sekitar 35 km/liter pada kecepatan 100 km/jam. Sementara jika dibesut pada kecepatan lebih rendah sekitar 40 km/liter. Pihak TVS memberikan garansi tiga tahun untuk mesin Tormax, bahkan untuk beberapa komponen tertentu dijamin empat tahun. 
Seolah belum puas mengeksplorasi kelebihan pada mesinnya, para desainer dan teknisi TVS juga membekali Tormax dengan seabrek fitur berlimpah. Di antaranya “Dual Tone Muffler”, speedometer digital dengan fitur pencatatan kecepatan tertinggi dan akselerasi 0 – 60 km/jam, hingga fitur “helm wearing warning”  yang unik. Fitur Dual Tone Muffler memungkinkan pengendara untuk bisa memilih keluaran output suara di knalpotnya. Caranya mudah tinggal mengubah arah saklar yang terletak di setang. 

Sementara fitur helm wearing warning akan aktif kala mesin telah dihidupkan. Fungsinya untuk mengingatkan pengendara dan penumpang agar senantiasa menggunakan helmet. 

Dengan seabrek kelebihan canggih tersebut, TVS Tormax pun "hanya" diberi ditempeli stiker harga Rp 14,9 juta. Bahkan di ajang Otobursa Tumplek Blek ke-12 yang diselenggarakan akhir pekan ini (21-22/5) di Parkit Timur Gelora Bung Karno, kabarnya pihak TVS akan memberikan potongan harga dimana pembeli TVS Tormax hanya cukup membayar Rp 13,5 juta (Sumber: autos.autozone.com).

0 komentar:

Posting Komentar