Subscribe:

Labels

Minggu, 29 Januari 2012

Bedah Motor new TVS ROCKZ 125cc


Jakarta - Bila Anda merasa hanya motor asal Jepang yang bisa berinovasi, sepertinya Anda harus berpikir ulang. Sebab motor asal India seperti TVS RockZ bahkan sudah memiliki beragam fitur yang tidak dimiliki motor Jepang.

Fitur paling mencolok yang dimiliki motor ini tidak lain adalah Integrated Music System (IMS) yang membuat TVS RockZ bagai seekor bebek yang bisa bernyanyi.

Sebab fitur IMS ini memberi hiburan musik pada para pengendaranya. Jadi para pemilik TVS RockZ tidak lagi perlu menambahkan atau memodifikasi motornya.

Fitur IMS berada di bagian tengah motor di bawah stang dan bisa dengan mudah diaktifkan bila kunci motor berada dalam posisi on.

Di bagian itu ada beberapa tombol pengoperasian IMS dengan susunan tombol yang ergonomis, sehingga tidak menyulitkan pengendara mencari lagu yang mereka inginkan atau saluran radio favorit.

Lagu yang diputar pun dapat diambil dari soket USB Flashdisc yang disediakan dengan dentuman suara yang keluar dari dua buah speaker berdiameter 7,5 cm yang tahan segala cuaca.

"RockZ adalah motor pertama di Indonesia yang mengaplikasi fitur semacam ini," ungkap Training Coordinator TVS Ades Fajarudin di Puncak, Jawa Barat, akhir pekan lalu.

Selain itu, motor India ini juga terasa istemewa berkat mesin Duralife berkapasitas 125 cc yang digendongnya. Mesin ini memiliki basis yang sama dengan TVS Neo X3i dan mengaplikasi berbagai inovasi seperti Roller Cam Follower Technology, Low Friction Piston Ring, Teflon Guide Tensioner dan Low Friction Advance Lub Circuit.

Dengan mesin tersebut, para pengendara dimanjakan dengan semburan tenaga hingga 9,8 bhp di 7.500 rpm dan torsi sebesar 9,8 Nm di putaran 5.500 rpm. "Torsi yang dikeluarkan RockZ hampir merata di semua putaran," tandasnya.

Dan untuk semakin memanjakan penggunanya, TVS juga menyematkan sistem kopling ganda manual dan otomatis bernama i-ride. Dengan fitur tersebut, pengguna dapat menggunakan tuas kopling di stang kiri bila ingin merasakan sensasi sporty, namun bisa juga tidak menggunakannya bila ingin bersantai.

Sebagai tambahan keamanan, TVS juga menempatkan 'kunci rahasia' alias engine kill switch yang ditempatkan di bawah jok. Jadi bila fitur ini ditekan ke posisi off, maka motor ini pun tidak bisa dinyalakan walaupun itu menggunakan elektric starter maupun kick starter.

Shock breaker yang berada di kaki belakang motor ini juga sudah menggunakan gas nitrogen dan bisa diatur keras-lembutnya dengan lima pilihan ukuran.

Keuntungan suspensi dengan gas nitrogen ini adalah karena gas dipercaya lebih kuat menahan hentakan dari oli sehingga mampu memberi rasa nyaman karena hentakan lebih halus dan motor lebih stabil saat melewati jalan bergelombang, terutama pada saat kecepatan tinggi.

Di urusan pembuangan, motor yang dilepas dengan harga Rp 11,99 juta sampai Rp 12,99 juta ini sudah mengaplikasi teknologi Secondary Air Injection yang dapat menyempurnakan pembakaran dan mengurangi emisi gas buang dengan menyemprotkan udara ke dalam lubang exhaust.

0 komentar:

Posting Komentar